Minggu, 08 Maret 2015

Cerita Tentang Jalu

Sekolahku setiap tahun menyelenggarakan kegiatan Expo. Kegiatan itu berupa unjuk karya dan penampilan siswa. Sebagai guru baru, aku excited menyambut kegiatan ini.

Karya dan penampilan siswa harus ditampilkan oleh setiap grade. Kami, grade 7 menyepakati tampilannya adalah tari Saman untuk akhwat dan puisi berantai untuk ikhwan. Tapi itu baru 7A, 7B, dan 7C. Aku mengusulkan satu tampilan lagi dengan personil dari 7D dan 7E. Kasian dong.. masa’ mereka nggak diajak tampil. Aku keukeuh pingin menampilkan musik, dengan dibantu oleh 7C sebagai andalan pemain musiknya, yaitu Keanu dan Jalu.

Tarik ulur-tarik ulur dilakukan, akhirnya aku mengusulkan perkusi. Apalagi Usth.Widi bilang, suaminya bisa ngelatih. Deal, akhirnya tampilan perkusi dari barang bekas.

Saat pengondisian pertama, aku yang mengumpulkan anak-anak yang kupilih untuk ikut perkusi. Ada banyak anak yang aku rekrut. Ada yang antusias, ada yang nyebelin karena slanga-slenge.

Singkat cerita, ternyata pihak sekolah nggak mengizinkan pelatih dari luar. Maka aku pun terceburlah melatih perkusi. Untungnya ada Keanu dan Jalu. Taste musik mereka bagus banget. Jadi lebih memudahkanku karena banyak membantu. Keduanya bisa kuandalkan untuk bantu aku cari nada buat lagu yang akan kami tampilkan, atau cari ketukan-ketukan yang asyik buat tabuhan perkusi kami.

Keanu dan Jalu, sama-sama mungil. Mereka bener-bener a nice couple.. hihi.. Sama-sama jago main gitar juga. Keren bangeet..

Kalau Keanu lebih bisa diajak bicara karena lebih komunikatif. Jalu, lebih pendiam. Gayanya Jalu cool banget. Bikin penasaran dan bikin gemes cewek-cewek di sekolah. Dulu sih, dia sama sekali nggak ada yang tahu. Maklum, pendiam banget. Tapi apa yang terjadi saat kami, tim perkusi, tampil dalam gladi bersih Expo? OMG! Cewek-cewek menjerit histeris lihat dia. Ck.. ck.. ck.. udah kayak show musik beneran. Jalu banyak fansnya!

Gaya mukul perkusinya Jalu emang keren. Mainin sticknya juga cakep. Personil lain nggak ada yang kayak gitu. Eh, ada juga sih, sebenernya Haidar juga. Tapi Jalu lebih asyik kelihatannya.

Hadeuh... pas hari ‘h’ tiba, Jalu lagi-lagi jadi bintang. Penampilannya menyihir penonton, terutama para akhwat. Semua merangsek maju ke depan panggung. Tangan mereka semua pegang gadget merekam penampilan tim perkusi.

Aku kebanjiran pujian. “Ustadzaah.. perkusi kereeen bangeet! Apalagi Jalu... whaaa.. bikin jatuh cinta!” Dan aneka kalimat senada, yang kesemuanya pasti ada menyebut Jalu.

Para penggemar Jalu itu bukan cuma akhwat kelas 7, tapi kakak kelas 8 dan 9 juga! Jadinya anak-anak kelas 7 pada merengut, “Iih Ustadzah, ngapain sih kakak-kakak kelas pada ngefans sama Jalu juga...?” Hmm... justru kakak-kakak kelas itu yang lebih heboh.

Aku melihat fenomena ini sebagai bentuk takdir Allah yang begitu rahasia. Ketika Allah menghendaki terjadi, ya terjadi lah. Kebayang, dulu tuh Jalu yang culun, nggak ada yang kenal siapa dia. Tapi sekarang? Cuma akhwat kudet aja yang nggak tahu siapa Jalu.

Kepopuleran Jalu yang sangat melejit itu membuat personil lain di tim perkusi agak kurang nyaman sepertinya. Bisa dipahami juga sih. Penampilan perkusi itu kan penampilan tim. Yang bagus ya semuanya. Karena semua berkontribusi. Tapi reaksi penonton seolah cuma Jalu yang hebat. Ketika ada sesi nge-jam sendiri-sendiri, pas giliran Jalu yang menabuh, jeritan para akhwat membahana. Begitupun setiap Jalu melakukan aksi memainkan stick.

Untungnya Jalu memang asli pendiam. Dia sama sekali nggak nampak sombong dengan fans yang bejibun itu. Jadi sikapnya tetap biasa di hadapan teman-teman satu tim. Bahkan saat di panggung pun, setiap jeritan yang dialamatkan kepadanya, sikap Jalu tetap cool. Jadi, Alhamdulillah tidak ada friksi dalam tim. Kebayang kalau Jalu-nya belagu, pasti temen-temen satu tim jadi bete.

Aku berharap semoga Jalu tetap down to earth. Tetap cool seperti dulu. Dan buat Keanu, semoga nggak iri berkepanjangan.. :) Demikianlah roda berputar. Keanu yang juga lucu dan jago main musik, mungkin pada saatnya nanti akan punya banyak fans juga. I love both of U..
Hayoo.. yang mana Jalu, yang mana Keanu..? :)


8 komentar:

  1. Jalu yang di tengah ya, Mbak? Cakeeeep lho, Mbak. Pantas aja banyak yang ngefans. Ynt juga ngefans ah.... Hahaha...Salaaam yaaaa.... ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... Yantii, main yuuk, ke sekolahku.. :P

      Hapus
  2. Waahhh asik juga yak maen musik, salam bwt mereka ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! main musik memang asyik.. :)
      salam juga dari mereka..

      Hapus
  3. Cakeeep :)
    Daku baru tahu kalau Linda seorang guru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mak Injul.. aku guru. Dulu aktifnya di TK dan SD, skrg di SMP.

      Hapus
  4. Waah, keren ya bisa main perkusi gitu :)

    BalasHapus
  5. yang tengah bukan ya ? kalau yang tengah saya juga ngefans ,, halaaaah :D .. hhahaha

    BalasHapus