Senin, 03 November 2014

Launching Perdana Buku "Aku Sayang Nabi Muhammad"

Ini benar-benar pengalaman pertama yang bersejarah. Launching buku karya sendiri! Rasanya dulu nggak kebayang deh. Biasanya jadi penonton, sekarang jadi pelaku.. :)

Kesempatan ini bermula dari grup PBA (Penulis Bacaan Anak) di facebook. Kang Ali Muakhir, suhu di sana, mengabarkan bahwa PBA dipercaya untuk mengisi acara di IIBF (Indonesia International Book Fair). Acara itu berupa launching buku anak secara berjamaah pada hari Sabtu tanggal 1 November. Lowongan dibuka. Dan, berduyun-duyunlah temen-temen penulis pada daftar. Termasuk aku. Tapi Kang Ali hanya akan mengambil 10 penulis saja.

Buat para penulis lain, mungkin menunggu keputusan Kang Ali, terasa biasa aja. Tapi buat aku, hmm.. lumayan H2C. Dan, pengumumannya lamaaa.. Hingga akhirnya, saat itu pun tiba. Kang Ali menetapkan nama-nama yang diajak serta nge-launching. Salah satunya.. akuu.. :)

Wah.. perasaanku campur aduk deh. Antara seneng dan gemeter, antara bahagia dan dagdigdug.. hihi..

Terus aku nginbox Ibu Boss alias Mbak Yeni. Aku ceritakan kabar gembira ini. Dan, luar biasa... dukungan dari Indiva, top banget deh. Aku dikasih biaya akomodasi sama buku untuk doorprize. Asyiik.. :)

Tapi.. oh ternyataa.. hari H itu adalah hari Sabtu masuk. Jadi, Sabtu itu dua: Sabtu libur dan Sabtu masuk. Berarti aku harus izin untuk nggak masuk sekolah. Duh, paling males kalo musti izin-izin begitu. Dan, benarlah, aku harus tetep masuk, karena Sabtu itu akan ada rapat konsolidasi. Sebagai walikelas, aku harus hadir. Akhirnya, solusi didapat, aku masuk tapi boleh pulang jam 10.

Singkat cerita, berangkatlah aku dengan naik kereta api menuju Bogor. Dari Bogor dilanjut naik kereta api lagi ke Jakarta. Aku turun di stasiun Cawang. Dari Cawang aku naik taksi ke lokasi. Dan, maceeett.. :(

Acara kan dimulai jam 15.00. Jam 14.30 aku masih di jalan. Hiks.. jalan masuk ke Senayan ditutup jadi harus muter.. whaaa.. tambah lama atuh. Akhirnya, aku turun trus naik ojek. Abang ojek pinter deh, cariin jalan pintas. Aku pun tiba pas-pasan, jam 15 kurang dikit.

Segera aku cari Ruang Kenanga. Lho, kok banyak Kenanga-nya..? Ada Kenanga 1, Kenanga 2, sampe Kenanga 6. Oh rupanya di Kenanga 5. Srat sret beres-beres ruangan, karena baru aja dipakai untuk lomba tahfidz, akhirnya launching berjamaah 10 buku pun dimulai.

Aku dan 9 penulis lainnya duduk berjejer di depan. Acara dipandu sama MC yang asik banget, Teh Ina Inong. Setiap penulis diminta untuk menceritakan proses kreatif penulisan bukunya, dan menjawab beberapa pertanyaan seputar bukunya yang dilemparkan oleh MC.



Sejujurnya, aku nggak nyiapin gimana ngomongnya. Tapi aku cukup ngerasa punya bekal karena beberapa kali menuliskan materi promo tentang bukuku. Jadi kupikir, ya aku ngomong kayak yang aku tulis aja.. :)




Oh ya, para penulis yang tampil kece di depan adalah: Wylvera Windayana (Ke Tanah Suci, Yuk - Qibla. Buku duet dengan Dian Kristiani), aku (Aku Sayang Nabi Muhammad - Indiva), Arif Y. Pranata (Mencari Jejak Si Kumbang - Mitra Bocah Muslim), Devi Raissa R (Asal Mula Namaku - Rabbit Hole), Triani Retno (Cermin dan The Shy - Anak Kita), Gabriel Fabiano (Fixiano - Sinotif Publishing), Anisa Widiyarti (Aku Bisa Begini, Aku Bisa Begitu - Tiga Ananda), Susanti Hara (Bintang Jindo), Chitra Savitri (Masya Allah, Ciptaan Allah yang Kecil Tapi Ajaib - Adi Bintang), dan Kay Arikunto (Surga dan Neraka - Dar! Mizan).

Di deretan kursi penonton, kulihat ada Mbak Dhani. Seneng banget ada temen BAW. Yang lain-lain lagi pada sibuk, jadi nggak bisa hadir. Belakangan kemudian hadir Saepullah sama Vita. Meskipun Mas Saepullah itu tetiba ngilang menjelang akhir acara, sementara Vita nongol setelah acara selesai.


Acara berlangsung sekitar dua jam. Penonton dikasi kesempatan nanya ke penulis yang dipilihnya. Ada juga yang bertanya ke aku, seorang bapak yang ternyata berasal dari Sukabumi. Setiap penonton yang bertanya, dapet hadiah buku. Trus ada juga kuis buat penonton berhadiah buku pun. Pokoknya doorprizenya bikin ngiler deh. 



Penontonnya lumayan banyak juga, dengan berbagam varian.. hehe.. ada ibu-ibu, bapak-bapak, mbak-mbak, tante-tante, om-om, dan tentu anak-anak. Memang buku yang dilaunching pun beragam. Ada buku untuk balita, anak-anak SD awal, sampe SD akhir menjelang remaja. Ada fiksi dan nonfiksi juga. Yang bergenre horor pun ada. Tapi horornya soft lah. Kata penulisnya, Mbak Eno, ini horor yang nggak bikin ilang selera makan.


Selain penulis dewasa, ada juga penulis anak, namanya Ian. Kayaknya tulisannya bagus. Tapi anehnya, dia nggak suka membaca, cuma kadang suka nonton film. Ide yang dia dapet katanya ya dateng gitu aja, bukan pula dari film yang dia tonton. Ayah ibunya kebingungan, karena mereka pada nggak bisa nulis, katanya. Wuih.. tapi anaknya pinter nulis. Keren..!

Dari launching ini aku berusaha belajar. Aku menyerap pengalaman hari itu sebagai bekal pengetahuan yang berharga. Kata Mbak Dhani, cara aku menjawab pertanyaan masih kurang bagus. Katanya lagi, aku belum tampak santai, jadi mungkin karena itu maka jawabannya kurang Oke. Kata Mbak Dhani, aku bisa jauh lebih baik lagi, sebab kecerdasanku belum tereksplor. Cieee..

Selesai acara, para penulis signing book.. termasuk aku.. ehm! Dilanjut dengan sesi foto-foto. Dan, saking sibuknya, sampe-sampe aku lupa nggak foto-foto bareng kakakku.. huhuu.. padahal kakakku jauh-jauh dateng dari Bekasi dan sangat men-support aku.


Anyway, aku sangat bersyukur kepada Allah, karena hari itu berjalan baik dan lancar. Dari mulai perjalanan hingga acara selesai.Subhanallah.. Alhamdulillah..

Diantara lelah dan penatku, terselip doa dan harap, agar ada launching kedua, ketiga, dan seterusnya. Semoga bukuku berikutnya menyusul, tak lama lagi.. Aamiin.




18 komentar:

  1. agar ada launching kedua, ketiga, dan seterusnya... aamiin, caiyooo, Mamah Linda! (ง'̀o'́ )ง

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanx banget yaa Vit, dah dateng kemaren..
      makasii juga untuk doanya.. :)

      Hapus
  2. aamiin...insyaallah launching selanjutnya disegerakan ya mba yu sayang....

    aku lagi sok sibuk banget di dunyat, sampai gak sempat nyolek2:)
    tapi aku denger kabar udah revisi buku berikutnya toh, insyaallah segera terbit yaaa...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini revisinya lelet banget, Sar.. hiks..
      makasiii doanya..

      Hapus
  3. Amiiin untuk paragraph terakhirnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiii Mbak..
      seneng deh.. Mbak Lyta mau mampir.. :)

      Hapus
  4. Senang ketemu Mbak Linda. Ssstt... awalnya kupikir orangnya galak lho. Hehehe, ternyata ramah bingits. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. aku minder ketemu Mbak Wik yg sudah kondang itu.. dan sibuk berhai-hai sama para penulis tenar lainnya.. jadi sy mah diem ajah.. :)

      Hapus
  5. Aamiin...insya Allah Mbak. Keep fighting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiii sudah mengaminkan, Mbak Sofia..

      Hapus
  6. barokallah ya Mbk Linda, semoga akan terus sukses karya2 selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Aamiin..
      makasiii Mbak Naqi..

      Hapus
  7. Serunya bisa launching buku gotu, berasa terkenal :D btw...karyanya dah banyak bangeeet mbak *angkat jempol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Fenny makasii dah mampir.. :)
      karyanya dah banyak banget? itu yg antologi maksudnya? kalau buku solo mah bari yg ini.. :)

      Hapus
  8. Mbak Linda ^_^ Sukses ya untuk buku (solo) pertamanya ^_^ A job well done ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiii mbak nurul.. sukses juga yaa utk buku perdananya nanti di Tiga Serangkai..

      Hapus