Rabu, 17 April 2013

ASYIKNYA NGE-BAW


BAW itu asyik! Ada banyak ilmu bertebaran,  persahabatan yang manis, dan persaudaraan yang hangat. Belum tahu, BAW itu apa? BAW adalah singkatan dari Be A Writer, sebuah grup menulis di facebook. Anggotanya ya.. para penulis. Dari yang penulis masih merangkak model aku, sampe penulis yang dah lari marathon.

BAW digagas sama Mbak Leyla Imtichanah yang sekarang lebih sering pake nama pena: Leyla Hana. Beliau ini novelis senior yang karyanya dah berderet-deret sejak jaman baheula sampe jaman kiwari.
Aku ada di BAW sejak grup ini pertama berdiri. Kapan itu ya? Sekitar Oktober tahun 2011. Lumayan lama ya? Dan masih eksis sampe sekarang. Keren kan? Aku juga betah di BAW. Kalau buka facebook pasti nggak pernah terlewat untuk melongok ke BAW. Malah sering juga jadi main destination.. halah!

Dari semua grup menulis yang aku ikutan jadi member, cuma BAW yang paling berkesan. Emang sih, mungkin terpengaruh faktor ‘dah pada kenal’, jadi kalau diskusi atau ngobrol-ngobrol, lebih nyambung dan seru. Tapi emang suasana keakraban di BAW asyik banget lho. Yang senior nggak pelit ilmu. Jadi yang unyu macam aku nih, tinggal bawa karung buat masukin harta karun itu. Eits, jangan protes dulu… aku nih unyu maksudnya dalam kepenulisan.. J

Jangan berpikir ini grup serius. Haha-hihi nya cukup bertaburan, OOT pun menjadi kesenangan tersendiri.. hehe.. Tapi tetap terkendali kok.

Suasana berkompetisi pun cukup meriah. Kalau ada lomba nulis, bareng-bareng ikutan dan saling menyemangati. Trus pas pengumuman, yang kalah kasih selamat sama yang menang. Semua larut dalam gegap gempita kemenangan. Juga kalau ada yang lahiran buku, semua turut bersorak sorai. Seru deh pokoke..

Sebetulnya aku pingin cerita tentang personelnya, yang boleh juga disebut ‘BAWers’. Tapi aku selalu khawatit kalau menyebut nama, nanti ada yang terlewat. Duh.. rasanya aku ga bisa memaafkan diriku kalau itu sampai terjadi. Yang jelas, keluarga BAW itu keluarga yang ramah, hangat, manis, dan bikin kangen. 

Makanya nggak usah nyebut nama aja ya. Tapi kalau ibu kepsek atau sekarang lebih dipopulerkan sebagai founder, tadi dah aku sebut ya.. Mbak Leyla Hana. Ada lagi wakil kepsek, Mbak Riawani Elyta. Trus para mentor: Mbak Eni Martini, Mbak Shabrina Ws, dan Mbak Yeni a.k.a. Afifah Afra. Nama-nama yang aku sebut itu para novelis kondang yang handal.

Bicara tentang OOT, nggak mengubah nilai postingan yang memuat materi amat berharga itu, kok. OOT mah cuma selingan aja. Dan uji kesabaran juga.. hehe.. soalnya thread jadi mengular panjaang. So.. harus sabar ngikutin komen demi komen demi  meraup ilmu yang terselip di dalamnya. Ga bisa dipastiin juga, ke-OOT-an sebuah thread. Ada yang kadarnya minimal, ada yang sedang, dan ada juga yang sedikit di atas sedang..  #bahasanya diperhalus nih.. ^_*

Pengetahuan yang tayang di BAW memang top abis. Pernah ada bahasan tentang PoV, setting, pendalaman karakter, dan unsur-unsur intrinsik lainnya. Selain itu, juga tentang per-blog-an dan a-b-c-d-nya twitter. Trus ada juga info-info penerbit, panduan pengiriman naskah, komplet sama contoh proposal naskah fiksi dan nonfiksi. Belum lagi review-review buku dan film yang keren-keren. Menu yang bergizi banget semuanya.

Tulisan-tulisan lain bersifat motivasi dan menjurus ke provokasi positif. Keren sangat dah! Tengok aja beberapa judul ini: “Tamparlah Daku, Kau Kukejar, Lalu Kugilas”, tayang pada tanggal 15 Oktober 2012, lalu “Mengapa Takut Mengirimkan Naskah ke Penerbit Mayor?”, tayang pada tanggal 8 Mei 2012. Trus file yang tayang pada tanggal 21 Mei 2012, judulnya: “Kebebasan Berekspresi vs Religi”, ada lagi “Profesionalisme vs Idealisme”, tayang pada tanggal 6 Juni 2012. Tak ketinggalan juga buat penulis yang mulai berada di puncak ketenaran, “Mempersiapkan Mental Penulis dalam Menghadapi Penggemar”, tayang pada tanggal 13 Juni 2012.

Yang aku sebut di atas cuma beberapa, yang lainnya masih seabrek-abrek di perpustakaan doc BAW. Eh, ada juga postingan dengan judul agak aneh.  Siapa yang bisa menebak nih, tulisan siapa… “Sebuah Langkah Tajam untuk Menyelamatkan Penulis dari Keterkaraman” tayang pada tanggal 13 Januari 2012. Ada juga, “Hubungan antara Subyek Perkasa dan Objek Penggoda” tayang pada tanggal 4 Januari 2012. Trus…  cari sendiri aja di peti harta karun BAW ya.. J

Oh ya, BAW juga punya jiwa peduli yang sangat tinggi lho. Para member berinisiatif mengadakan lelang. Hasil pendapatan dari lelang itu disumbangkan sepenuhnya untuk Dompet Perjuangan Palestina. Barang yang dilelang ada novel-novel keren, baju muslim, tas ber-merk, boneka, peralatan memasak, dan rupa-rupa deh..

Proyek menulis khususon warga BAW juga ada. Di masa awal berdirinya, ada proyek antologi dengan tema “Merawat Orang Sakit”. Semua wajib ikut. Setelah melalui proses seleksi ketat dari Mbak Eni Martini, akhirnya pada tanggal 25 Januari 2012 terpilih 25 judul. Dan, pada tahun itu juga, antologi tersebut diterbitkan oleh penerbit mayor. Alhamdulillah.

Proyek berikutnya, dilaunching awal Februari  2012, dan ditutup bulan April (tahun 2012 juga lah..) Ini berupa audisi kumcer dengan 4 kategori: Roman Remaja, jurinya Mbak Shabrina Ws, Drama Rumah Tangga yang dijuriin sama Mbak Riawani Elyta, trus Chicklit dengan juri: Mbak Leyla Hana, terakhir Horkom alias Horor Komedi yang jurinya Mbak Ade Anita. Sayangnya, kumcer ini nggak semulus proyek pertama untuk penerbitannya. Tapi, naskah yang terpilih itu bagus-bagus, cuma belum ketemu jodohnya aja kali ya..

Belum lama ini, BAW dah punya blog yang kereen banget. Di sana ada banyak harta karun tentang kepenulisan. Ada juga profil beberapa BAWers yang ga cuma menang di tampang, tapi juga mantav prestasinya. Kalau penasaran, lihat aja di http://bawindonesia.blogspot.com/

Buat yang suka nge-tweet, sila follow https://twitter.com/bawindonesia

Oh ya, ada satu nih proyek BAW yang aku nggak tau perkembangannya. Entah waktu aku sempet jeda sejenak dari dunia maya, mungkin dah ada kelanjutan kabarnya. Aku lupa aja mau nanya-nanya. Proyek apakah itu? Hehe.. kaos BAW! Ide keren ini digagas sekitar April – Mei 2012. Desain kaosnya bagus, dan warnanya boleh milih lho, asyik kan? Yaah.. sapa tau, sekarang celotehanku ini mengingatkan lagi dan ide ini bisa diwujudkan. Kayaknya perlu juga kaos BAW, supaya kalau kopdar, ga pake salah dadah-dadah..



Maunya sih ada kopdar akbar, tapi rasanya sulit ya, soalnya BAWers menyebar di seluruh nusantara bahkan negeri jiran, negeri gajah putih, hingga Timur Tengah sampai ke Rusia. Paling sering mah yang di seputar Jabodetabek, tapi di kawasan lain pun pernah juga meski terbatas pesertanya. Kadang pake bintang tamu BAWers dari pulau lain, macam Mbak Riawani Elyta. Yaa.. di mana pun BAWers berada, semoga tetap solid dan ngeksis.. maksudnya ngeksis dalam prestasi.. ^_^





Ok, temans… terbukti kan, kalau BAW itu asyik..? Seenggaknya itu kesan aku selama berada di sana. Dan… aku yakin, kalian pasti setuju… ^_*

22 komentar:

  1. hedeh.....lengkap n asyik deh ne tulisan meski panjang tetep deh aku baca sampe titik terakhir. tapi aku belum nulis mba....g kuat lama2 depan laptop jiaaah.....mana Dlnya dah mepet hedeh *tutup muka pake karung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanx yaa Sar, dah baca..
      Ga sabar pingin baca punyamu.. :)

      Hapus
  2. bener, BAW emang tepat yang asyik banget. makasi udah nyemplungin aku kesini mbag lind :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Wind..
      Kupikir, penulis keren macam Windi emang harus ada di BAW.. :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. hehe.. bacanya agak buru2 kali ya..
      kaos itu belum ketahuan kabarnya.. :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya Mbak, Alhamdulillah di BAW aku mengenal orang2 baik seperti Mbak Anik..

      Hapus
  5. kereeenn kakak pertamakuuu...

    BalasHapus
  6. Detiiiilll dah khas bu guru teliti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. jiwa ibu guru nempel banget ya, Vi..?

      Hapus
  7. wah... ada desain kaos, yaaa? pengen peseeen, Bunda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. sama.. aku jg pengen pesen, tapi ga tau ama sapa.. :)

      Hapus
  8. wow mantap teliti en jeli, suskses juga buat Mbak Linda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih Mbak Naqy.. sukses jg bwt dirimu ya, Mbak sayang.. moga masa resign melejitkan karya2mu..

      Hapus
  9. Lengkap begete... kayaknya aq kurang kreatif nih ga pake foto n ga ngelongok file-file BAW hihihi.. tapi fotonya boleh juga nehh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. foto yg mana neh.. yg boljug?

      Hapus
  10. Terima kasih atas tulisan GA BAW, Linda Satibi.. suksess selalu :D

    BalasHapus
  11. Sukses juga yaa buat BAW.. moga tetep keren dan selalu asyik.. :)

    BalasHapus
  12. Makasih, Mba Linda.
    Baca tulisan yg ini terasa aura cerianya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 makasiih jg, Mbak Ela..
      Alhamdulillah.. BAW membuatku ceria.. :)

      Hapus