Minggu, 25 Agustus 2013

Galau? Emang Gak Boleh?

Kayaknya galau lebih sah dipake buat anak-anak muda bangsanya para abegeh ya. Terus, yang model amak-amak macam aku nih, apa dong namanya? Padahal kita, para emak, ngalamin juga lho.. (“kitaa..? elo aja ‘kalai..” para emak riuh menyangkal)

Emang sih, tema kegalauannya pasti beda lah yaw. May be para abegeh lebih didominasi sama urusan cinta-cintaan, temen-temen, cita-cita, konflik sama ortu, de-es-be. Nah, kalau emak-emak ya, seputar dunia rumah tangga lah, urusan anak, dapur, suami, atau karier di kantor.

Aku nih juga rasanya sampe sekarang masih dihinggapi si galau itu. Kan galau itu 11-12 sama bingung, geje, resah gelisah gundah gulana, tho? Tema besarnya ya.. apalagi kalau bukan urusan keluarga sama jalan hidup aku.. jiaah.. gayane, segala jalan hidup..

As U know, aku kan ceritanya mendadak jadi penulis, pas awal-awal punya akun fb. Gegara tulisan perdanaku lolos di audisinya proyek antologi Tias Tatanka-Gola Gong. Gimana aku gak tercengang-cengang coba, trus efeknya aku jadi kedemenan nulis dan nulis lagi.

Lama-lama, gabung di komunitas penulis, ngobrol-ngobrol dan interaksi lainnya sama mereka, memberi pengalaman berbeda buat aku. Aku dapet pencerahan banyak. Dan berjumpa dengan beragam karakter, meski pada dasarnya kalau di dumay mah rata-rata pada baek sih. Alhamdulillah, belom (dan jangan sampe) nemuin yang aneh-aneh.

Saking pada baiknya temen-temen aku itu, tulisanku sering bertaburan puja dan puji dari mereka. Trus, karena tingkat kepedean aku emang malah sering terjun bebas, gegara susah nembus media, aku jadi kepikir jangan-jangan pujian itu adalah semacam bentuk penghormatan atau penghiburan sesama teman.

Nah, beberapa jam yang lalu, naskahku (lagi-lagi) sukses terlempar . Kali ini dari audisi novel di salah satu penerbit yang bekerja sama dengan sebuah tim pencari bakat yang keren. Betapa.. kalah itu pedih, Jendral..

Sebenernya aku udah hafal banget sama kalimat-kalimat: setiap naskah akan menemui jodohnya, semua akan ada waktunya, kali ini belum saatnya, jodoh naskah ini ada di tempat lain, etc, etc. Tapi teuteup aja, aku berasa pilu dan.. galau.

Yup! Galau.. apakah memang tulisanku demikian amatlah buruk? Apakah sesungguhnya aku gak bisaan jadi penulis? Mungkinkah tempatku bukan di dunia tulis menulis? Hohoho.. konyol gak sih..? Padahal banyak hal yang harus aku pikirin ya, kok sempet-sempetnya pake acara galau segala.. :P

Jadi ya macam begini lah, di awal nulis berasa galau, tapi seiring aliran ceritaku, nanti di ujung-ujungnya sih aku nyadar. Sebenernya bukan nggak boleh kali ya, berasa galau.. cuman jangan lama-lama, jangan kebablasan, sampe ngeganggu stabilitas aktivitas.

Yo wes lah, nulis mah nulis aja, kerja juga teuteup kerja, pan butuh rupiah atuh supaya anak-anakku teuteup bisa makan dan sekolah. Soal lolos atau nggak tulisan-tulisanku, biar waktu yang bicara aja kali yaa.. Kalau blog aku sunyi senyap sepi sendiri, no problemo lah.. aku mah teuteup nulis.


Tapi, masalahnya itu cucian piring numpuk, setrikaan segunung, lantai belom disapu dan dipel, halaman juga kotor, yg ngerjain sapaa..? hahaha.. ini galau edisi lain.. Nulis ya nulis, tapi jangan lupa sama posisi sebagai upik abu.. :)

5 komentar:

  1. Mungkinkah tempatku bukan di dunia tulis menulis? --- pertanyaan ini juga yang tadi subuh memenuhi pikiran saya mbak. Sampai2 saya bilang ke suami, ynt ga mau nulis lagi deh. Belajar masak yang baik, jadi ibu rumah tangga biasa aja. Trus waktu kosongnya mau main games, ngeblog, nonton, dll. Itu aja. Tapi pelan2 semangatnya mulai kembali muncul nih. hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kalau semangat Yanti dah muncul kmbali.. insyaAllah kita saling menyemangati yaa..
      Eh, wkt kosong Yanti ga dipake utk mengajar jg?

      Hapus
  2. Dian inget, waktu Febi down, naskahnya gak lolos amore. terus dian bilang.. dirapiin aja...kirim ke penerbit lain, tanpa melalui audisi.

    dan kalau emang jodoh gak kemana. tuh naskah jebol jadi novel Finding You

    Jadi kalau menurut dian, gagal di satu audisi, bisa jadi berjodoh di audisi lain mbak linda.

    jangan galau-galau ah... dinikmati saja setiap langkah yang ada. in sha Allah terbaik itu Allah yang maha tau..hehe

    kalau galau jadi upik abu, dian selalu tuh..hihihi

    BalasHapus
  3. Jadi ... ga papa galau asal sadar ya mbak :)Galau kan gak selalu menjatuhkan malah bisa membangkitkan ya ...

    BalasHapus
  4. katanya kalo tulisan ditolak itu juga bs sbg diet krn utk sementara wkt nafsu makan ilang hahaha

    Sy juga kadang suka galau, kok, Mbak :)

    BalasHapus