Selasa, 25 Maret 2014

Memaknai Kekalahan



Dalam rentang perjalanan hidup yang demikian panjang ini, pastilah ada fase saat kita mengalami kekalahan. Nggak ada dong yang bilang, “Kita?”, karena saya yakin semua pasti mengalami lah yang namanya ‘kalah’. Kalah dalam konteks apa pun ya, entah itu suatu perlombaan resmi, maupun bentuk-bentuk persaingan lain dalam pergaulan sehari-hari. Ada yang yang kalah taruhan, ada yang kalah dalam ranking di kelas, ada yang kalah dalam rebutan pacar (hiii.. yang ini bukan gue banget dah!), ada lagi yang kalah dalam bisnis, dan rupa-rupa kekalahan lain.

Keragaman kekalahan ini, berbanding lurus dengan reaksi seseorang dalam menyikapi kekalahan tersebut. Artinya, reaksi ini juga beraneka. Ada yang kesel, ada yang kesel banget, ada yang marah-marah, mungkin ada juga yang biasa-biasa saja, atau boleh jadi ada yang sampai bunuh diri segala..na’udzubillah..

Kalimat yang terdengar klise yang mengiringi sebuah kekalahan, biasanya: Kalah menang itu biasa, Kekalahan adalah sukses yang tertunda, Orang yang kalah dan mampu menerima kekalahan sesungguhnya ia-lah orang yang menang, dan macam-macam kata bijak lainnya (cari aja di Google deh, saya nggak sempet.. :D)

Berapa kali ya, saya mengalami kalah? Wah, nggak pernah ngitung deh! Tapi dari sekian banyak kekalahan itu, pasti ada yang masih terkenang-kenang ya.. terkenang-kenang pedihnya.. uhuk!
Memang betul, kekalahan bukan untuk diingat sedihnya aja, apalagi sampai diratapi.. jangan banget itu mah. Ya buat apa lah? Untung nggak, rugi iya. Toh nggak akan kemenangan tiba-tiba jadi beralih.

Jadi, kalau sudah kalah, langkah yang tepat adalah introspeksi. Meskipun kalau ada kesel-kesel, sedikit nyesek, masih wajar dong, namanya juga manusia kan punya perasaan. Kalau pinjam istilah motivator kondang, Pak Jamil Azzaini, yang penting menggerakkan epos alias energi positif. Jangan sampai jadi mutung nanti malah timbulnya eneg alias energi negatif. Lagian kalau eneg nanti bisa muntah.. huek!

Nah, masalahnya bukan pekerjaan gampang untuk bisa menerima kekalahan dengan ikhlas hingga memunculkan epos tadi. Namun bukan berarti juga itu adalah pekerjaan sulit yang tidak mungkin dilakukan. Kalau kita bersungguh-sungguh, apa sih yang nggak bisa? Jadi kuatkan niat dulu.

Contoh nih ya.. kekalahan yang masih segar dalam ingatan adalah kekalahan telak saya dalam Lomba Resensi Indiva beberapa waktu lewat. Sejujurnya, karena memang saya ngarep waktu itu, ketika jreng! baca pengumuman, nama saya tidak ada, hmm.. nelongso deh rasanya.. haha.. Bisa dimaklumi dong.. saya kirim lima resensi.. coba bayangkan sidara-sodari.. lima! Dan tidak ada satu pun yang lolos. Gile deh.. ternyataa.. gue cemen bikin resensi! Sementara selama ini, teman-teman terus saja menyematkan diri saya sebagai peresensi yang boleh dibilang wokeh lah.. ehm!

Kebayang kan, bagaimana berkeping-kepingnya hati saya? Hahaha.. Walaupun waktu itu sih, saya tutup-tutupi di hadapan khalayak ramai, seolah-olah no problemo. Dan masih nggak sedih-sedih amat karena ada 2 orang teman yang senasib.. hihi.. sebut namanya, jangan yaa..? nggak usah deh! :D

Tapi yaa.. demikianlah hidup. Layaknya sebuah perlombaan. Adakalanya berjalan sesuai harapan , dan sebaliknya bisa saja bergerak di luar dugaan. Semua berkontribusi dalam proses pendewasaan.

Dalam kasus kekalahan saya di Indiva, tentu saya dituntut berpikir dewasa, artinya bukan lantas seperti anak kecil yang ngambek tidak mau lagi menulis resensi. Meski saat itu saya memberi kesempatan pada diri saya untuk menjeda (Tuti, pinjam judul novelmu ya? :D)

Yang tidak bisa dihindari saat menerima kekalahan adalah rupa-rupa bentuk kotornya hati. Bisa berbentuk suudz dzhan, bisa juga takabur. Berprasangka bahwa juri atau panitia yang tidak fair, atau melintas sebuah kesangsian yang arogan, “Kok punya si itu menang sih, padahal bagusan juga punya aku.”  Astaghfirullah.

Penerimaan mutlak adalah bentuk keikhlasan yang harus dimiliki saat menghadapi kenyataan berupa kekalahan. Saya juga tidak paham seberapa dalam ikhlas yang sudah saya coba terapkan. Saya hanya berusaha berlapang dada dan melakukan koreksi diri. And.. here I am.. masih tetap setia meresensi, terutama buku-buku Mizan, karena senang rasanya, kalau dapat surat dari Mizan, di bawah nama saya diberi keterangan: Peresensi Mizan.. :)

10 komentar:

  1. Pukpuk mbak linda.. Peluk. Belum rejekunya maybe?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak.. itu alasan yg tidak bisa diganggu gugat ya.. hehe..
      karena kalau rezeki mah nggak akan ke mana.. :)

      Hapus
  2. Pernah juga merasakan kekalahan yg nyesek banget sampe nangis di atas bantal, wkwkwkw... lama2 saya sadar mengapa kalah, krn memang lawannya oke2 dan saya harus mengakui bahwa tulisan saya masih kalah jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. nangis di atas bantal..
      aku sih kesel2 dlm hati aja, Mbak..
      malah kakakku sampe batal beli buku2 Indiva pas di IBF kmrn, gegara adik tercintanya ini nggak menang.. wkwkwk..

      Hapus
  3. Buat saya, membaca ini .. mbak Linda adalah seorang pemenang. Karena bisa keluar dari "penjara pikiran" ....
    Saya pingin kayak mbak Linda lho, tembus resensi di media. Baru coba kirim dua, belum pada ada kabarnya hehehe

    Semangat mbak Linda .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih ya, Niar..
      Aku mengakui sangat, resensimu kereen.. makanya menang..
      Kalau soal tembus di media, itu mah agak2 mengandung unsur peruntungan juga.. hehe..

      Hapus
  4. Sebut, Mbak. Sebut namanya teman senasib itu. Paling tidak yang satu orang ini. Hahaha... #akurapopo :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... sodara-sodari, inilah teman saya yg senasib ituh.. Hairi Yanti yg maniiiss.. :)

      Hapus
  5. aku pernah gak ya menangisi kekalahan? kayaknya.... gak pernah. Mungkin karena setelah ikut lomba aku menyibukkan diri untuk ikut lomba yang lain, konsentrasi lagi... jadi gak mikirin dan gak ngarepin. Yang penting dah usaha maksimal. Rejeki gak akan lari jika sudah ditakdirkan.
    Peluk LInda aja deh....
    Buatku, hasil resensimu tetap Juara... karena bikin orang jadi pingin beli (tujuan resensi itu kan salah satunya persuasi.. bikin orang jadi pingin beli. Baik pingin beli biar bisa ngerasa tertipu dan bisa maki-maki rame-rame.. atau pingin beli karena terkompori katanya bagus... heheheh)

    BalasHapus
  6. "hasil resensimu tetap Juara".. pingin peluuuuk Mbak Ade..

    BalasHapus