Selasa, 21 Februari 2012

Kehamilan yang Menakjubkan

Kehamilan adalah hal yang didamba bagi seorang wanita yang telah menikah. Berita tentang kehamilan merupakan kabar yang membawa bahagia bagi pasangan suami istri juga keluarga besarnya.  Ada yang mudah mendapatkannya, namun ada pula yang menunggu-nunggu hingga bilangan tahun.

Masa kehamilan yang sembilan bulan lebih itu, menjadi cerita yang beragam bagi para ibu. Rupa-rupa pengalaman dilalui pada masa itu. Bermacam reaksi terjadi dalam diri, baik secara fisik maupun psikis.  Bahagia dan derita bertumpang tindih. Tapi satu yang pasti, bertumbuhnya janin dalam rahim benar-benar nikmat anugerahNya yang wajib disyukuri.

Buku “Kehamilan Yang Menakjubkan” memuat kisah-kisah seputar kehamilan yang dialami para ibu. Tulisan-tulisan ini merupakan kisah terpilih dari sebuah audisi menulis di facebook. Dari 235 naskah yang masuk, dipilih 3 naskah pemenang utama, dan 27 kisah lainnya yang inspiratif dan menarik untuk dibukukan.

Perjuangan para ibu menjalani kehamilan, hadir dalam kisah mengharukan, menakjubkan, memberi kekuatan, memotivasi,  dan ada juga yang membuat tersenyum simpul. Selain kehamilan yang dinanti, ditemui pula kehamilan yang seolah hadir di luar rencana, karena usia si kakak masih berbilang bulan. Pun kehamilan yang berat dijalani dan berujung pada kepergian sang bayi untuk selamanya.

Kisah-kisah dalam buku ini membuka wawasan dan pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat medis yang dapat terjadi selama masa kehamilan. Aneka keluhan dan penyakit timbul, namun kita akan temui solusi penanganannya. Maka, buku ini dapat menjadi rujukan yang baik bagi para ibu maupun calon ibu, beserta para ayah dan calon ayah juga. Dan buku ini pun lengkap memuat kisah para bapak dalam mendampingi kehamilan istrinya.

Pemenang pertama tulisan ini ditulis oleh seorang ibu yang hamil dengan infeksi TORCH (Toxoplasma, Rubella, CMV, Herpes) positif. Angka IgG dan IgM-nya tinggi.  Bagaimana kecamuk perasaannya menghadapi kenyataan tersebut? Lalu apa sikap yang diambil ketika dokter langganannya memvonis bahwa resiko bayi lahir cacat cukup tinggi? Apakah ia mengikuti saran dokter untuk menggugurkan janinnya atau malah mempertahankannya? Sang ibu menuturkan pengalamannya dengan gamblang tanpa mengurangi keindahan bahasanya.

Kemudian, tahukah Anda apa itu vaginismus?  Yaitu gangguan psikologis yang amat langka, diderita oleh wanita yang mengalami trauma akut, sehingga ia sulit melakukan hubungan suami istri. Proses penetrasi tidak memungkinkan terjadi karena ketakutan dan kekhawatiran tentang penetrasi. Seluk beluk tentang ini dipaparkan oleh seorang penderita vaginismus, yang benar-benar membagi hikmah bagi pembaca. Bagaimana perjuangan melawan ketakutan itu? Terapi apa saja yang dijalaninya? Lalu bagaimana sikap sang suami menghadapi istri demikian? Benar-benar kisah yang inspiratif!

Menyelami buku ini akan membawa kita pada sikap syukur dan menyadari betapa kehamilan itu adalah sebuah anugrah besar dariNya. Para ibu yang hamil dengan aneka kesulitan, jangan sampai berkecil hati. Kisah dalam buku ini sungguh menggugah semangat dan motivasi untuk tetap menjaga kehamilan dengan sepenuh keyakinan. Pre-eklamasi, kehamilan kembar, plasenta previa total, kista endometriosis stadium lanjut, mioma yang tumbuh banyak dalam rahim, mimisan berkepanjangan, dan berbagai masalah lain yang mengiringi kehamilan hadir dalam buku ini dengan kemasan cerita yang apik.

Jangan khawatir, di samping kisah para ibu dengan kesulitan-kesulitan medis yang dialaminya, ada juga kisah yang berbeda dari itu. Kisah ini tidak memuat sedikitpun hal-hal berbau medis, tapi sebuah pengalaman unik yang selalu mengiringi setiap kehamilannya. Judul kisah tersebut adalah “Hamil = Tiket ke Luar Negeri”. Apa yang Anda bayangkan dengan judul seperti itu? Apakah setiap hamil, sang ibu pergi ke luar negeri? Oh, dugaan yang salah! Sebaiknya baca saja kisahnya dalam buku ini, dan Anda akan tercengang lalu tersenyum setelahnya. Penulis kisah ini bernama Linda Nurhayati. Anda mengenalnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar