Selasa, 21 Februari 2012

Lets Enjoy The School

Saat si buah hati memasuki fase baru yaitu bersekolah, ada beragam pengalaman di dalamnya. Dari mulai persiapan hingga mengantar pada hari pertama sekolah. Aneka kejadian yang tak terduga, kerap terjadi. Bagaimana menyiasati hal seperti itu? Bagaimana pula tips dan trik agar dapat melalui hari pertama si kecil bersekolah dengan aman terkendali? Bagaimana caranya agar senyum ceria anak-anak tidak berubah menjadi mata yang berkaca-kaca atau teriakan histeris?

Buku "Let's Enjoy The School" menguak banyak problematika seputar mengawal anak di hari pertama sekolah. Ada 18 ibu yang bertutur tentang pengalamannya saat mengantar putra-putri kesayangan memasuki gerbang sekolah. Seorang anak yang awalnya bersemangat ingin sekolah, tiba-tiba kakinya seperti tertancap di tanah saat tiba di pagar sekolah. Ada juga anak yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris di rumah, ternyata pada hari pertama sekolah malah terjadi miskom dengan ibu guru. Lalu, pengalaman si kembar yang ditempatkan dalam kelas terpisah. Juga ada cerita tentang anak yang mengamuk hingga menendang dan memukul ibu guru. Serta berbagai kisah menarik lainnya.

Dari pengalaman-pengalaman dalam kisah tersebut, pembaca akan diajak mengenal aneka kebiasaan anak serta dampak yang mengikutinya. Misalnya: kita tidak bisa langsung menyimpulkan bahwa balita yang bersikeras ingin sekolah karena melihat teman-teman di sekitar atau kakaknya yang setiap hari pergi sekolah, adalah benar-benar sudah siap bersekolah. Boleh jadi, ia hanya merasa kesepian di rumah, atau ingin tampak 'keren' seperti teman/kakak yang dilihatnya berpakaian seragam dan menyandang tas.

Buku ini benar-benar bergizi untuk dikonsumsi oleh para orangtua yang akan mempersiapkan buah hati tercinta masuk ke sekolah TK maupun SD. Di dalamnya, para penulis berbagi tips cara anak bersosialisasi, bagaimana menjalin komunikasi dengan guru, menyiasati anak yang mogok sekolah, serta apa yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah yang tepat, yang ramah anak. Selain itu, tinjauan psikologi pun hadir sebagai penambah wawasan.

Ada lagi yang tak kalah menarik dari buku ini, yaitu aneka resep bekal sehat untuk anak. Resep-resep praktis yang mudah dibuat dengan citarasa yang enak dan disukai anak, lengkap dengan fotonya. Ada nasi goreng gulung, bakso bakar, banana sandwich, martabak bayam, dan makanan lain yang mengundang selera.

Bagi para orangtua muda, tidak ada alasan untuk tidak memiliki buku ini. Sedangkan ayah bunda yang putra-putrinya telah melewati masa TK dan kelas 1 SD, maka membeli buku ini pun tidak sia-sia, karena sangat pas sebagai kado. Teman, kerabat, sahabat, dan handai tolan yang memiliki putra/putri balita atau usia menuju SD, tentu akan sangat berterimakasih bila mendapat hadiah buku ini. Oh ya, buat lajangers, tidak ada salahnya juga membeli dan membaca buku ini, untuk menambah amunisi sebagai bekal di masa datang.

Selamat menikmati dan merasakan limpahan manfaatnya.

Judul             :  Let's Enjoy The School
Penulis          :  Naqiyyah Syam, Linda Nurhayati, Shabrina WS, dkk
Penerbit        :  Gurita (imprint Zikrul Hakim)
Cetakan I      :  Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar