Selasa, 20 Maret 2012

Jurus Mendulang Ide

Judul         :  The Art of Stimulating Idea
Penulis      :  Bambang Trim
Penerbit    :  Metagraf - creative imprint of Tiga Serangkai
Tebal        :  198 halaman
Cetak I     :  2011
ISBN        :  978-602-9212-25-9



Ide, bagi penulis adalah bahan mentah yang butuh pematangan agar menghasilkan karya yang indah sekaligus bermanfaat. Proses pematangan itulah yang menentukan kualitas karya yang dihasilkan. Namun untuk memercikkan ide di kepala, bukan perkara mudah. Adakalanya penulis mengalami kebuntuan ide. Lalu, bagaimana memecahkan masalah demikian?

Buku “The Art of Stimulating Idea” karya Bambang Trim mengupas tuntas seluk beluk ide. Bagaimana memunculkan ide-ide segar nan brilian, mengeksekusinya, serta menerbitkannya.

Berbagai aktivitas yang mudah dilakukan untuk menstimulasi ide, dijelaskan gamblang. Menurut Bambang Trim, Tuhan menebar begitu banyak ide di semesta ini, lewat fenomena atau kejadian, pengalaman, maupun pemikiran manusia. Segala sesuatu yang diamati, didengar, dirasakan dengan kulit atau lidah, dibau, ataupun dipikirkan bisa menjadi gagasan hebat untuk menulis.

Setelah ide didapat, ia harus diikat dan diendapkan. Lalu bagaimana proses eksekusi ide dilakukan, dijelaskan lewat langkah-langkah yang mudah dipahami. Beberapa pertimbangan tentang minat, bahan tulisan, dan target pembaca yang akan dibidik, dipaparkan juga dalam bentuk format tabel yang praktis. Contoh outline ditampilkan pada penjelasan tentang menyusun kerangka ide.

Antisipasi penjiplakan ide, adalah salah satu hal yang penting dicermati, yang diuraikan dalam buku ini. Sesuatu yang masih dalam bentuk ide tidaklah dilindungi oleh undang-undang hak cipta. Maka kita dapat menemukan di toko buku, berderet buku dengan tema sama, misal: buku tentang keajaiban shalat subuh. Begitu pula buku-buku parenting banyak yang membahas hal yang serupa.

Selain jurus mendulang ide, dibahas pula jurus-jurus insaf bagi penulis. Diantaranya: Insaflah untuk segera menulis, Insaflah untuk tidak memaksakan diri menjadi orang lain, Insaflah untuk melakukan benchmarking.

Masih banyak rahasia terselubung tentang ide yang dibongkar dalam buku ini. Dengan gaya bahasa ringan, jauh dari kesan njelimet, buku ini sangat layak direkomendasikan untuk dimiliki dan dibaca oleh para penulis. Sebagai komporis buku, Bambang Trim menyebarkan api semangat kepada para penulis agar mampu melahirkan buku bermutu. Bahkan beliau berbaik hati menyuguhkan 101 item ide penulisan dari berbagai topik. Setiap item bukan hanya sebaris kalimat, namun disertai uraian maksud ide tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi..? Segera temukan ide dan tuliskan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar