Selasa, 20 Maret 2012

Kali Ini.. Buku Anak-Anak

Judul      :  Malik dan Kebab Persahabatan
Penulis    :  Bambang Trim
Penerbit  :  Tiga Serangkai
Tebal      :  24 halaman
Tahun  :  2010
ISBN      :  978-979-084-284-7



Ini kisah tentang sepasang sahabat yang sebaya usia, bernama Malik dan Jamal.  Keduanya yatim piatu, dan  sejak kecil diasuh oleh Babah Ahmad, seorang ahli pembuat kebab. Mereka tinggal di pinggir kota Turki.

Babah Ahmad mengajarkan cara membuat kebab yang lezat kepada Malik dan Jamal, hingga mereka kemudian menjadi penjual kebab terkenal. Pasangan sahabat itu masing-masing mempunyai kedai kebab di kota. Namun, pada suatu hari keduanya bertengkar mulut, saling berebut pelanggan. Polisi pun datang, dan membawa mereka ke pengadilan. Apakah yang dilakukan Hakim Kota dalam menghadapi pertengkaran Malik dan Jamal? Mengapa kemudian Jamal menggigil ketakutan? Akankah pertengkaran itu berakhir dengan damai? Lalu, kebab yang manakah yang disebut kebab persahabatan?

Kisah dalam buku ini mengajak anak-anak untuk menyelami makna persahabatan. Mana yang lebih penting antara kepentingan pribadi dan kebersamaan. Kerjasama yang baik ternyata membuahkan hasil yang baik pula. Selain itu, ada pula ajakan untuk selalu berbagi kepada orang-orang miskin. Seperti yang dilakukan oleh Malik dan Jamal, dengan membagikan beberapa kebab kepada kaum papa.

Yang tidak kalah menarik, buku ini pun menambah pengetahuan dengan pemaparan asal-usul kebab. Makanan khas Turki ini baru dikenal dengan sebutan kebab pada zaman Kesultanan Utsmaniyah. Penjelasan lainnya disampaikan dengan bahasa yang riang.

Pengenalan pada profesi juga disiratkan oleh buku ini. Menjadi pengusaha kuliner adalah cita-cita yang bisa dijadikan pilihan oleh anak-anak. Jangan lupa, menjadi pengusaha harus adil dan mampu bekerja sama dengan baik. Itulah pesan lain yang dapat ditangkap dari kisah Malik dan Jamal ini.

Tidak salah bila buku ini menjadi teman yang menyenangkan bagi anak-anak. Ilustrasinya menarik dengan warna-warna cerah yang tidak mencolok. Buku ini merupakan rangkaian seri “Kidspreneur Story”, dengan dua judul lain yaitu: Ling-Ling dan Bakpao Keberanian, Martha dan Piza Kebahagiaan.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar